Have To History: Landmark Supreme Court Cases: Stuff You Don't Really Want To Know (But For Some

Have To History: Landmark Supreme Court Cases: Stuff You Don't Really Want To Know (But For Some

PPKn Jelaskan hubungan timbal balik antara norma dan nilai sosial yang berlaku di masyarakat !

Jelaskan hubungan timbal balik antara norma dan nilai sosial yang berlaku di masyarakat !

Mengenai hubungan norma dan nilai sosial adalah memiliki hubungan timbal balik dan keterkaitan satu sama lainnya. Norma dan nilai sosial merupakan dua perihal yang tidak dapat dipisahkan, karena nilai merupakan sesuatu yang dianggap baik, dicita-citakan dan memegang peranan penting di kalangan masyarakat. Sedangkan norma merupakan aturan-aturan atau kaidah yang telah disepakati oleh masyarakat dan memberikan pedoman bagi perilaku para anggotanya dalam mengejar sesuatu yang telah dianggap baik.

Pembahasan:

Nilai dan norma merupakan seperangkat alat yang mengatur kehidupan masyarakat dalam berbagai aspeknya. Nilai sosial menjadi sebagai acuan standar normatif dalam berperilaku sosial yang merupakan  sikap dan perasaan yang dapat diterima oleh masyarakat, dalama hal tersebut berfungsi sebagai dasar untuk merumuskan apa yang dianggap benar dan penting. Dari kesimpulan, maka norma sosial merupakan sebagai bentuk dari konkrit dari nilai-nilai yang ada dalam kehidupan masyarakat.

Di samping itu, nilai dan norma memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan sosial Dapat di contohkan pada nilai-nilai etis taat peraturan berlalu lintas. Diharapkan pada prinsipnya setiap orang harus menjaga dan memiliki nilai-nilai etis di dalam berlalu lintas.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang norma dan nilai sosial dapat disimak di https://brainly.co.id/tugas/7928818

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

[answer.2.content]